HP apa yang cocok buat saya ?

pilih androidTerkadang anda akan bingung ketika mendapati keadaan dimana anda harus beli handphone / gadget baru buat dipakai sendiri. Mungkin alokasi dana untuk beli HP ada, tapi bingung nentuin merek. Kadang ingin merek tertentu, tapi dana nya yang kurang. Ada juga yang ingin HP tapi dana nya yang belum ada hehehehe :P

Sejak tahun 2016 kemarin berbagai macam gadget/hp mengalami puncak distribusi. Berbagai macam merek dan spesifikasi handphone membanjiri pasaran handphone di seluruh Indonesia. Mulai yang resmi sampai rekondisi bahkan black market alias BM. Hal ini justru menguntungkan bagi pengguna handphone Indonesia. jadi bebas milih mana dan mau pakai spesifikasi yang gimana.

Kali ini saya akan berbagi tips untuk memilih handphone/ smartphone yang memenuhi syarat untuk dipakai sehari hari. Apa syarat2 tersebut ? Di antara nya : Kapasitas baterai , Jenis Processor , Dukungan Operating system dsb nya.

  1. Smartphone kekinian :D , minimal harus mempunyai baterai capacity 3000 mA. Ini memastikan HP akan kuat dipakai seharian dari pagi sampai malam. Simple nya, saat mau tidur malam HP di charge sampai terbangun di pagi hari. Dan HP siap beraktivitas dari pagi sampai malam , tanpa nambah charging. Tapi hal ini ngga akan berlaku bagi yang suka maen game di HP. Mungkin hanya akan bertahan sampai setengahnya saja.
  2. Jenis processor, mungkin yang tidak familiar dengan spesifikasi HP tidak akan memperhatikan hal hal teknis. Seperti pemilihan CPU pada smartphone nya. Ada beberapa processor yg  sering dipakai pada HP HP yang beredar di Indonesia. Yang terbanyak jelas MediaTek / MTK dengan harga yang ekonomis, kemudian adan SNAP DRAGON by Qualcom yang menjadi saingan MTK dari segi harga dan Hemat daya baterai. Kemudian ada Exynos dari Samsung, namun tidak semua produk Samsung pakai Exynos. Sedangkan produk Apple seperti Iphone, ipad itu pakai processor buatan sendiri juga.
  3. RAM, ini adalah syarat untuk dipilih karena akan menjadi faktor penting dalam sebuah HP. Smartphone merek apapun saat ini harus wajib minimal mempunyai RAM 2 GB. Aplikasi WhatsApp,BBM, facebook,Instagram pasti ada di install di HP anda kan ? Dengan RAM 2GB ini, maka permasalahan lelet atau loading lama akan tereliminasi. Jadi jangan pernah beli HP dengan RAM di bawah 2GB.
  4. Dukungan OS / Operating System, untuk merek merek tertentu hanya serius dalam jualan produk nya, tapi aftersales nya buruk. Tidak pernah meng-update OS pd produk2 nya. Dalam hal ini, pilih yang menyediakan fasilitas update online, jadi OS dalam HP kita bisa di upgrade ke OS yang terbaru tanpa mengoprek manual dimana tidak semua orang mampu melakukan nya.

Nah..dari beberapa tips di atas, semoga menambah wawasan anda dalam menentukan merek dan spek apa yang akan anda pilih. Tentu ini akan membantu anda me maximal kan dana anda, dengan dana yang anda siapkan bisa mendapatkan smartphone yang ber spesifikasi tinggi.

Jadi saya sendiri pakai HP apa sih..??

Jawab : Opini pribadi saya ini tidak menjadi tolok ukur buat anda, tapi ini adalah pengalaman pribadi saya selama terjun di dunia gadget dan smartphone. HP yang saya pakai sekarang adalah Xiaomi Redmi Note 4 dengan spesifikasi RAM 3GB , Memory internal 64GB, Baterai kapasitas 4100 mA dan ber-CPU MediaTek/MTK. Selama ini saya selalu pakai smartphone keluaran Xiaomi, dengan alasan Harga Murah dengan Spesifikasi Tinggi. Untuk perbandingan, Redmi Note 4 dengan spesifikasi tersebut saya beli harga 2,3 Juta rupiah. Kalau saya harus pilih merek lain dengan spesifikasi sama, maka saya harus mengeluarkan uang di atas 3 juta – 5 juta. Meskipun product Xiaomi hanya beberapa yang bergaransi resmi Indonesia, tapi kualitas produk non garansi resmi pun tidak berbeda. Di dukung oleh Komunitas pengguna Xiaomi yang menyebar di seluruh Indonesia, terutama di forum2 dan facebook fans page. Jadi pilihan Xiaomi menurut saya paling tepat bagi pengguna yang ingin beli smartphone dengan harga murah dan spesifikasi tinggi.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *