XL Gandeng Dimension Data untuk Standar Signaling Baru

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk menandatangani kontrak kerjasama selama 4 tahun dengan Dimension Data senilai USD4,7 miliar, guna menerapkan solusi standar signaling baru berbasis IP Transport dan Signaling Standards SIP.

“Infrastruktur kami saat ini yang berbasis signaling TDM/SS7 merupakan solusi yang kurang efisien karena setiap operator memilih untuk menerapkan protokol signaling dengan cara mereka sendiri. Kami memerlukan solusi interkoneksi yang dapat melintasi ketidak kompabilitasan tersebut, dan memastikan penyampaian sinyal end-to-end dengan biaya yang efektif,” ujar Dian Siswarini, Direktur Layanan dan Teknologi, PT XL Axiata Tbk, Senin (19/10/2011).

“Dengan menyamakan IP sebagai Transport dan SIP Signaling Standards, XL akan mengurangi CAPEX (capital expenditure) dan OPEX (operation expenditure). Yang lebih penting, solusi baru akan secara signifikan meningkatkan waktu response,” ujar Bambang Patrap Yakin, Presiden Direktur, Dimension Data Indonesia.

Session Initiation Protocol (SIP) adalah protokol signaling yang biasa digunakan untuk menghubungkan antara dua atau lebih pihak menggunakan jaringan IP.

 Hal ini memungkinkan XL menghadirkan berbagai layanan yang inovatif termasuk voice-enriched e-commerce, web page click-to-dial, Instant Messaging dengan daftar teman, dan layanan IP Centrex.

“Solusi Acme Packet Session Border Control memberikan perusahaan telekomunikasi seperti XL berkemampuan menghadirkan konektivitas berbiaya rendah yang diperlukan pelanggan tanpa khawatir terkena sanksi biaya manajemen yang terkait dengan teknologi sebelumnya seperti pengiriman sinyal TDM/SS7,” ujar Patrap.
 
Solusi Converged Communication dari Dimension Data akan memungkinkan XL untuk fokus memberikan layanan bernilai tambah kepada pelanggannya tanpa perlu memikirkan masalah konektivitas terkait pasar yang terus berkembang. (tyo)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *