Ini Dia 4 Keunikan Keraton Jogja yang Harus Kamu Ketahui!

keraton jogja

Jogja adalah sebuah kota yang membuat banyak orang terpesona dengan keistimewaannya. Selain wisata pantai baru jogja, Salah satu tempat yang identik dengan kota ini adalah Keraton Jogja.  Tempat yang terletak di Kecamatan Kraton, Yogyakarta ini ternyata memiliki beberapa keunikan yang sangat menarik untuk diketahui. Ini dia 4 keunikannya.

Terdapat Peraturan Unik

Keraton Jogja memiliki setidaknya 7 peraturan yang harus ditaati oleh para wisatawan. Seperti dilarang berfoto membelakangi keraton dan abdi dalem karena dianggap tidak sopan, disarankan tidak menggunakan topi di keraton, tidak boleh menyentuh alat atau koleksi museum tanpa izin, wisatawan tidak diperkenankan membawa barang yang beroda seperti kereta bayi dsb, wisatawan yang berkunjung tidak bisa duduk di sembarang tempat, dan jika membawa kamera kamu harus izin terlebih dahulu.

Tugu Jogja

Sebelum masuk keraton, kamu akan menemui sebuah tugu yang dikenal dengan nama Tugu Jogja. Dalam Bahasa jawanya tugu ini merupakan symbol “manunggaling kawulao-gusti” yang memiliki arti sebuah simbol persatuan antara rakyat dan penguasanya atau juga bisa diartikan sebagai persatuan antara Sang pencipta dan ummatnya. Tugu ini juga sangat popular karena keindahan dan ciri khasnya. Rasanya pasti belum afdhol jika ke Jogja tetapi belum berfoto di tempat ini.

Kereta Kencana Milik Keraton

Keraton Jogja memiliki puluhan kereta kuda yang memiliki banyak nama dan kegunaan yang berbeda pula. Keraton ini menyimpan 23 kereta kencana milik Kesultanan Yogyakarta yang terletak di museum Kareta Keraton Ngayogyakarta. Tetapi menariknya, terdapat beberapa kereta kencana yang ada di dalam museum ini masih digunakan dalam upacara-upacara kebesaran keraton. Di museum ini juga terdapat beberapa koleksi menarik, contohnya seperti Kereta Kanjeng Nyai Jimad. Kereta buatan Belanda pada tahun 1750 ini merupakan pusaka keraton.

Jadwal Pertunjukan dan Jam Buka Keraton

Bagi kamu yang ingin ke Keraton, jam bukanya setiap hari dimulai pukul 08.30 WIB dan tutup pukul 15.00 WIB kecuali hari senin karena mulai tanggal 13 Januari 2020 kunjungan wisata di hari senin diliburkan. Sehingga kamu bisa memilih berkunjung di keenam hari itu. Lalu untuk jadwal pertunjukan sendiri memiliki jadwal yang berbeda di tiap jenis pertunjukan. Misalnya, pertunjukan wayang golek pada hari rabu, pertunjukan wayang kulit di hari kamis, pertunjukan macapat di hari jum’at, pertunjukan wayang wong di hari minggu, dsb.

Itu dia 3 keunikan dari Keraton Jogja. Dengan melangkahkan kaki di tempat ini, kamu bukan hanya sedang berwisata melainkan juga bisa belajar banyak dari sejarah, melihat keotektikan tempat ini, menyaksikan pertunjukan seni dan tentunya mengenang kembali rekam jejak pemerintahan Kesultanan Yogyakarta. Jadi, apa kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat yang memiliki banyak keunikan ini?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.