Menjelajah Destinasi Wisata Pantai Baru Jogja Di Bantul dan Gunung Kidul

Aktivitas berwisata merupakan salah satu alternatif aktivitas untuk memperoleh hiburan yang menyenangkan. Terdapat beragam pilihan destinasi wisata di kota yang memang dijuluki sebagai kota wisata ini. Para wisatawan dapat dimanjakan dengan pilihan destinasi wisata alam dari gunung hingga laut maupun destinasi wisata budaya yang sangat beragam. Salah satu pilihan wisata alam adalah wisata pantai baru jogja  yang berada di deretan pantai selatan yang menghadap Samudera Indonesia.

Wisata alam berupa destinasi wisata di kawasan pantai merupakan daya tarik lain yang dimiliki oleh Yogyakarta. Jika Keraton Jogja menjadi daya tarik utama untuk tujuan wisata bertema budaya; wisata pantai kini menjadi daya tarik baru destinasi wisata alam di kota tersebut. Pantai di kawasan Bantul dapat menjadi alternatif destinasi yang tidak terlalu jauh jika diakses dari pusat kota.

Pantai Unik dan Menarik di Kabupaten Bantul

Ada beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata pantai memang menjadi salah satu unggulan destinasi wisata di Yogyakarta. Kini telah ada serangkaian destinasi wisata pantai Jogja yang telah dikembangkan dan bisa dikunjungi secara berurutan ataupun dikunjungi secara acak. Pantai Baru yang berada di Bantul merupakan salah satu pantai yang belum terlalu lama dikembangkan sebagai tujuan wisata. 

Pantai ini berada di dusun Ngentak, Poncosari yang masuk ke dalam wilayah kapanewon Srandakan. Keberadaan pantai ini sebagai tujuan wisata baru dimulai kurang lebih 10 tahun lalu. Pengembangan wisata di Pantai Baru ini dilakukan bersama – sama dengan pengembangan wisata pantai di kawasan tersebut. Selain Pantai Baru; pantai lain yang juga dikembangkan sebagai destinasi wisata adalah pantai Goa Cemara yang terpisah jarak tidak terlalu jauh. 

Kedua pantai ini dapat dikunjungi secara berurutan dan memberikan nuansa keindahan pantai yang berbeda. Pantai Baru yang cenderung terbuka dan menjadi tempat pendaratan nelayan ini memiliki landmark unik berupa jajaran kincir angin besar yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin. Sementara itu pantai Goa Cemara memiliki nuansa keindahan yang sesuai dengan namanya. Pada sekitar pantai ini tumbuh kelompok – kelompok cemara laut yang rindang. 

Pantai Baru dan Goa Cemara bisa menjadi pilihan untuk menikmati sunset di sore hari. Salah satu waktu terbaik untuk menikmati sunset di kedua pantai ini adalah pada bulan Agustus saat cuaca cerah dan langit terlihat biru dengan sedikit awan. Kedua tempat ini merupakan beberapa pantai Bantul yang juga digunakan sebagai lokasi pendaratan penyu yang akan bertelur.

Sebuah fasilitas konservasi penyu bisa ditemukan di kawasan pantai Goa Cemara. Kelompok pelestari penyu setempat membuat tempat penetasan semi alami di pantai ini. Pada musim penyu menetas; pengunjung juga bisa menyaksikan kegiatan melepas tukik penyu kembali ke laut setelah ditetaskan di tempat penetasan semi alami. Kini wisata pantai baru Jogja tidak hanya menawarkan keindahan alam; tetapi juga pendidikan tentang konservasi.

Pantai Populer di Sebelah Timur Muara Sungai Opak

Jika pantai Baru dan Goa Cemara berada di wilayah Bantul sebelah barat; masih ada pantai lain yang tidak kalah menarik yang ada di wilayah Bantul sebelah timur. Sedikit berbeda dengan beberapa pantai baru Jogja yang baru dikembangkan sebagai destinasi wisata; dua pantai yang berada di sisi paling timur kabupaten Bantul ini merupakan pantai yang telah lama menjadi tujuan wisata.

Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang menjadi lokasi pendaratan kapal nelayan. Keunikan pantai ini ada pada aktivitas pasar ikan dan juga sebagai pusat kuliner bertema laut. Ada banyak warung dan rumah makan yang menyajikan beragam masakan olahan hasil laut. Wisatawan yang menyukai seafood dipastikan dapat memanjakan lidah ketika mengunjungi pantai ini.

Aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan di kawasan pantai Depok adalah memancing dan mengamati burung air yang mencari makan di muara sungai Opak. Mengingat sisi sebelah barat dari pantai Depok merupakan hutang mangrove Baros; maka tidak mengherankan jika sisi timur muara sungai Opak juga dijadikan tempat mencari makan burung – burung. Aktivitas ini akan semakin menarik jika dilakukan pada musim migrasi burung pada awal musim hujan.

Tidak jauh dari pantai Depok terdapat pantai Parangtritis yang legendaris. Pantai ini telah lama dijadikan destinasi wisata dan telah sangat dikenal di kalangan wisatawan. Salah satu daya tarik pantai ini adalah aktivitas upacara Labuhan yang merupakan rangkaian upacara adat yang diselenggarakan oleh Keraton Yogyakarta. Kawasan pantai Depok dan Parangtritis juga menjadi tempat dilangsungkannya festival layang – layang yang telah menjadi agenda tahunan.

Keindahan alam di kawasan pantai Parangtritis tidak hanya pada bagian pantainya saja. Di antara pantai pantai Depok dan Parangtritis terdapat daerah berpasir layaknya gurun yang populer disebut sebagai Gumuk Pasir. Gundukan pasir yang ada di tempat ini memiliki dinamika yang unik karena terus berubah bentuk akibat aktivitas tiupan angin. Wisatawan bisa melakukan aktivitas sand surf atau berselancar di pasir pada gundukan – gundukan pasir pantai tersebut.

Pantai Indah Alami di Gunung Kidul

Wisatawan yang ingin menjelajah lebih jauh dengan tetap berwisata dengan tema pantai dapat melanjutkan petualangan ke arah timur memasuki kabupaten Gunung Kidul. Beberapa pantai baru Yogyakarta yang juga sangat menarik dikunjungi berada di wilayah kabupaten ini. Meski berjarak cukup jauh; namun ada banyak pilihan pantai indah yang bisa dikunjungi.

Jika berminat menjelajah pantai – pantai di daerah tersebut; wisatawan dianjurkan untuk berangkat pagi – pagi dari kota Jogja atau bermalam di kota Wonosari. Hal ini bertujuan agar dapat mengunjungi lebih banyak pantai menarik dalam satu kali perjalanan. Selain itu; mengunjungi pantai di pagi hari saat situasi belum ramai bisa menjadi aktivitas yang sangat seru dan menarik.

Beberapa pantai Gunung Kidul memiliki karakter yang jauh berbeda dari pantai di wilayah Bantul. Keunikan utama dari kebanyakan pantai di Gunung Kidul adalah pasir yang berwarna putih. Wisatawan akan disuguhi pantai berpasir putih jika menjelajah jajaran pantai di timur pantai Baron. Pemandangan pantai berpasir putih ini menawarkan daya tarik keindahan alam yang unik dan berbeda.

Kontur beberapa pantai yang landai juga menawarkan keindahan berbeda. Pengunjung dapat mengamati biota laut yang ada di bagian pantai yang dangkal. Beragam jenis ikan, bintang laut dan landak laut bisa diamati dengan sangat mudah ketika air laut surut. Bahkan wisatawan bahkan bisa lebih bebas bermain air karena pantai landai dan dangkal yang cukup luas.

Salah satu pantai yang menawarkan keindahan tersebut adalah pantai Indrayanti yang terletak kapanewon Tepus. Pantai kecil ini memiliki pantai yang landai dan memungkinkan wisatawan bermain dengan aman. Dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari kota Yogyakarta untuk mencapai pantai Indrayanti.

Gunung Kidul juga memiliki banyak pantai dan destinasi wisata tepi laut lain yang tengah dikembangkan. Perkembangan ini dipastikan memperkaya destinasi wisata pantai baru Jogja yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Beberapa pantai yang baru dikelola dan dikembangkan sebagai destinasi wisata justru memiliki daya tarik alami yang luar biasa karena masih minim sentuhan tangan manusia.

You may also like...

1 Response

  1. 11 September 2021

    […] yang spesial, tapi karena Jogja sendiri dinilai mempunyai keistimewaan dari nilai historis sampai wisata pantai baru jogja yang sungguh menakjubkan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *