Menikmati 5 Fakta Laut di Pantai Depok Jogja

Jogja sangat istimewa, provinsi yang letaknya 42 km dari Kota Magelang sebelah selatan ini memiliki segudang destinasi wisata lengkap. Destinasi dari ujung utara dengan pemandangan gunung merapi, wisata alam Hutan Telogo Putri kaliurang hingga destinasi ujung selatan yang terkenal dengan wisata pantai selatan. Salah satu pantai selatan yang terkenal dengan pasar ikan murahnya yaitu Pantai Depok, Bantul. 

Inilah 10 fakta unik pantai Depok yang wajib Anda tahu!

Letaknya strategis

Pantai Depok terletak 30 km dari pusat kota Jogja dengan rute yang mudah dijangkau. Anda bisa ambil jalan lurus dari jalan utama yaitu Jalan Parangtritis ke selatan, lurus saja dan kemudian ikuti arah petunjuk jalan. Pantai ini terletak dekat dengan pantai indah lainnya seperti Pantai Parangtritis, wisata pantai baru Jogja, Pantai Samas, Pantai Baru, Pantai Parangkusumo, Lantai Goa Cerme dan sebagainya. Lumayan sekali masuk gapura utama hanya Rp. 10 ribu per orang lanjut masuk ke pantai hanya membayar Rp. 2000 sebagai retribusi kendaraan. 

Tersedia kuliner khas ikan terlengkap, murah 

Pantai Depok merupakan destinasi alam air yang juga menjual ikan dari tangkapan langsung. Anda bisa membeli langsung berbagai jenis ikan yang ditangkap nelayan, masih segar, murah dan siap langsung masak. Keunikan di sini, Anda bisa belanja ikan di pasarnya lalu dimasak ke warung hanya memberikan jasa masak sebesar Rp. 30 ribuan.

Rasanya enak, bersih dan murah meriah sekali lho!

Semua perkakas makan seperti piring, gelas, sendok akan disediakan oleh pihak warung. 

Udara segar

Pantai Depok memiliki udara yang sungguh segar kendati cuaca panas karena tidak ada bangunan menjulang tinggi, pabrik dan transportasi ramai. Saat pagi hari, udara di Depok bisa digunakan terapi kesehatan bagi yang memiliki sakit pernafasan. 

Pasir putih yang ada di pantai juga membuat tubuh Anda semakin sehat, berjalan tanpa alas kaki. Manfaatkan suasana pantai Depok untuk menghilangkan jenuh harian Anda. 

Kehidupan nelayan sesungguhnya

Di pantai Depok, Anda bisa melihat nyata kehidupan para nelayan. Mereka pergi saat matahari belum bersinar untuk meraup ikan yang masih menggunakan jaring, metodenya masih sangat konvensional sekali tetapi hal ini membuat ekosistem ikan terjaga karena tidak merusak biota alam laut lainnya. Waktu terang, nelayan akan pulang dengan membawa hasil ikan. Jika sedang mujur, ikan yang diperoleh banyak sekali tetapi jika sedang badai atau gelombang pasang ikan tangkapan sedikit, harga ikan cenderung mahal. 

Saksi kearifan lokal

Pantai Depok juga menyuguhkan ritual kearifan lokal, larung laut dan sedekah laut. Tujuannya untuk mensyukuri semua pemberian dari penghuni lautan kepada penduduk lokal. Anda bisa ikut melihat saat bulan Sura. 

Itulah 5 fakta pantai Depok yang menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara, yuk ke Depok Jogja!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.