Jumpin’ Bromo 2008

Jumping Bromo

lihat foto lain? baca selanjutnya ;p

Yup…tanggal 19 sore temen2 kantor saya ngadain touring ke Bromo dalam rangka liburan Waisak sekaligus refreshing kerja mulu hehehe..Touring motor tepatnya , karena sekitar 20 orang berboncengan untuk menuju ke Bromo.Tepat jam 17.00 semua personel sudah siap di kantor dan setelah berdoa bersama kita berangkat.

Tanpa diduga sebelumnya ternyata di Porong Sidoarjo , lokasi Lumpur Lapindo terjadi kemacetan hebat.Kendaraan tidak bisa jalan sama sekali,jadi deh saya tinggal cangkrukan nunggu jalan lancar.Setelah menunggu sekitar 30 menit akhirnya pelan2 motor bisa nyusup2 lewat bahu jalan.Sekitar 1 km kemacetan akhirnya semua motor bisa berkumpul kembali.

Selanjutnya kembali kita melanjutkan perjalanan ke Bromo. Nah setelah 1 jam perjalanan sampai kita di Probolinggo , ternyata teman kantor kami yg punya istri di daerah Probolinggo
mengundang kita mampir ke rumahnya. Alhasil kita mampir dan sekaligus meng-cancel sewa villa buat istirahat.Dan acara bakar jagung pun beralih di depan rumah teman kami tadi.

Tepat pukul 01.00 dini hari kita bersiap berangkat kembali menuju Bromo. Perjalanan masih berkisar 40km menuju ke Bromo. Dan setelah 1 jam perjalanan sampai kita di pintu masuk pembelian tiket. Setelah administrasi selesai pintu gerbang ke Lautan Pasir kawah bromo di buka. Dengan pelan dan sedikit susah payah melewati lautan pasir , rencana pun berlanjut untuk naik ke Pananjakan.

Dan wow…diluar dugaan kami , baru kita keluar dari lautan pasir dan masuk ke jalan naik menuju Penanjakan ternyata derajat jalan yang mesti kita lalui sangat tajam. Tak heran jika 3 motor dari rombongan kita tidak mampu melewati 2 tanjakan pertama.Waah..saya yang di bonceng teman saya sempat terjatuh di tikungan tanjakan pertama,syukur tidak menciderai saya dan teman saya. Akhirnya saya gantian yang depan membonceng teman saya.

Setelah melewati 2 ‘tanjakan maut’ saya berhenti menunggu teman2 yang lain.Walah…ternyata hanya 4 motor yang berhasil naik dari tanjakan ini. Dan disetujui pemecahan rombongan menjadi 2 , Penanjakan dan Pura Bromo. Disepakati juga untuk berkumpul kembali esok paginya di Pura bromo. Dengan sedikit kecewa karena tidak semua bisa ngumpul di penanjakan,akhirnya saya naik juga ke Penanjakan menyusul 3 motor yang telah dulu berangkat.

Wuah…dengan suhu yang sangat dingin dan jarak pandang hanya 4 meter tertutup kabut dalam 30 menit saya sampai juga di puncak Penanjakan.Dan saya telah ditunggu teman2 yg sampai duluan tadi.Selanjutnya kita istirahat sebentar ngopi sambil menikmati dingin nya puncak Penanjakan.Jam menunjukkan pukul 04.00 , kita pun menuju area Top View dari Penanjakan ini.Sangat banyak pengunjung dari luar negeri,sempat juga ngobrol dengan wisatawan dari Malaysia,Amerika dan Perancis.Hahaha..dengan bahasa inggris yang terbatas lumayan bisa bikin suasana jadi rame :P

Arrrrgggghhh…kenapa mesti ada sedikit mendung nutupin ‘sunrise’ pagi ini… Sayang banget nih , mentari pagi ngga bisa muncul jelas , hanya warna jingga menyala yang menyambut kita semua yg telah menanti dari tadi. Subhanallah…sungguh sangat luar biasa (busyet bahasanya..), pokoknya landscape view nya ‘mak..nyosss’ kata pak Bondan..

Setelah puas menikmati alam , dan berfoto ria, selanjutnya saya dan rombongan kembali bersiap ‘turun gunung’ lagi. Jam 06.30 kita meninggalkan Penanjakan dengan berjuta rasa mak nyoss tadi..hehehehe..

Perjalanan turun kembali dihadapkan 2 tanjakan maut yang kini menjadi ‘turunan maut’ dalam perjalanan turun. Dengan sangat hati2 , alhamdulillah kita sampai juga di lautan pasir kembali, selanjutnya menuju Pura Bromo untuk berkumpul dengan rombongan lain.Dan tidak lama kemudian sampai kita di tempat rombongan mendirikan ‘tenda’.Selanjutnya rombongan yg habis turun gunung di tawari lagi suasana alam Kawah Bromo , dari pura menuju kawah banyak ditawarkan angkutan kuda,ah,,saya terlalu capek untuk naik tangga itu , dan saya pun hanya asyik motret dari bawah aja (sayang banget yah..? padahal sudah di depan mata ;p)

Asyik gila pesona Bromo ini , dan dengan perasaan senang , kita mesti kembali lagi ke Surabaya. Dan perjalanan pulang pun dilanjutkan , dengan mampir lagi ke rumah teman kantor yg kita singgahi semalam untuk ngambil barang yg tidak dibawa semalam.

Perjalan pulang pun dengan lancar dan selamat mengantarkan saya dan rombongan sampai di Surabaya lagi.Bener2 touring yang menyenangkan meski badan capek ;p.

Yoooooo…jumpin’ Bromo 2008 !!

puncak bromo view

puncak penanjakan bromo

puncak penanjakan bromo tengger

yunan lautan pasir bromo

kawah bromo

rombongan tour de bromo

You may also like...

18 Responses

  1. mimi says:

    huhuhu… kapan2 mau ikut pipi, boleh?

  2. det says:

    wes jambul keren pak!
    kapan2 budal maneh yo, mbek cah-cah TPC!!!

  3. Yunan says:

    mimi : kapan2 kita berdua aja yah mi ?mwaah…

    det : beres pak :P

  4. galih says:

    ada potonya mas agus :D

  5. Shei says:

    Uwaaaah..Jadi pengen hiking lagi!
    Hikzzz….

  6. Yunan says:

    galih : arek PKL dulu di Surya ya ?

    Shei : weks, hiking ke bromo ? kaki nya siap2 keriting hehehe…

  7. Fenty says:

    Kangen Bromo !!!!!

  8. cubidut says:

    dari dulu pengen banget nich ke jumpin dan sekitarnya, pastinya gak ada bosennya di sana… tolooooooooong mau ke sana hehehe…………………

  9. Yunan says:

    bromo emang siip :)

  10. YAKIN says:

    AKU JUGA INGIN KESANA TAPI APALAH AKU INI YANG HANYA SEORANG PEMIMPI Bromo dibangun bukan hanya untuk di daki tapi lebih untuk di syukurikeberadaanya

  11. Yunan says:

    Yakin : bukan suatu kesalahan jika kita menjadi seorang pemimpi, karena mimpi akan membuat kita bersemangat untuk mencapai nya , keep close with God :)

  12. Mahadhewi says:

    Cool..!!
    Dari dulu, kerennyag abizt2 khan?
    Gw dah b’x2 nae, ttp az g bakal bosan2 !
    Salam Hiking !!!

  13. Yunan says:

    mahadewi : yup, Bromo sungguh ngangenin. Landscape nya bener2 muantab…pengen kesana kabeh.

  14. gamblez says:

    wah mas mank mantap bgt koq bromo tuh,,
    td mlm ak br dr sana tp syg tmn q yg ce g kuat lo musti sampe atas jd kami dsana cma sampe posko yg trakir doank., hiks69x

    tp lo ad umur panjang insya Allah ak mw ksana lg,, Amin

  15. bing s says:

    bagus bromo

  16. zza says:

    brOmO tOp bGt,,,,,,,,,,,,,,,

  17. majid.el.khadafiy says:

    yo… nang mromo maneh,,, ane mau ikut..

  18. tanjung pondok pertanian says:

    Pondok Pertanian Tajung “tosari”
    Dalam rangka Memperkenalkan ” Tengger-Bromo” dr segala aspek, dengan ini kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum, dng hanya membayar ‘sukarela’ (tanpa tarif)

    Pondok pertaniaan tanjung terletak di dukuh: Tanjung rt.03. rw.03.(KM 99) desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya)
    Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari ‘Pasuruan’ ambil arah malang smp di ‘Warungdowo’ (-+ 7km) belok kiri smp ‘Ranggeh’ belok kanan menuju ‘Pasrepan’ >>> ‘Puspo’ >>> melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh ‘Jonggo” >>> melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Pondok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 . Kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari.

    @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana “sukarela” ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- /malam

    *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    * dimasakkan prasmanan Rp.20.000,- 1x.makan. ( nego)

    # untuk informasi hub per sms/tlp: 081249244733 – 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published.