Kedung Pedhut, Pesona Air Terjun Eksotis Pegunungan Menoreh

Kulonprogo kembali menjadi magnet wisatawan dengan hadirnya air terjun nan eksotis yang menawan yaitu kedung pedhut. Kedung pedut kini menjadi objek wisata baru di jogja yang menghadirkan wisata alam air terjun bagi para pecinta rekreasi bernuansa alam. 

Pesona Wisata Kedung Pedhut

Air terjun kedung pedhut merupakan objek wisata air terjun dengan dua warna.  Dua warna unik yaitu warna putih jernih serta tosca kebiruan menjadikan Kedung Pedhut bagaikan water park yang tercipta secara alami. 

Ketersediaan papan seluncur yang terbuat dari bambu, pancuran dari bambu dan masih banyak lagi menjadikan kedung pedhut bak sebuah water park  yang dibuat secara tradisional. Semua pesona keindahan ditambah nuansa alami sekitaran air terjun Kedung Pedhut membuat wisatawan rela menempuh medan yang sulit untuk menjumpai eksotisme air terjun ini. 

Cara Menuju Kedung Pedhut

Lokasi air terjun Kedung Pedhut adalah di sekitaran pegunungan Menoreh, Dusun Kembang, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Meski letaknya tersembunyi, toh keindahan dari air terjun Kedung Pedhut masih mampu menghipnotis pemburu wisata alam. 

Untuk menuju ke lokasi air terjun Kedung Pedhut dibutuhkan sedikit usaha. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta, maka Anda bisa melakukan perjalanan menuju Jalan Godean. Dari jalan Godean silahkan lanjutkan kembali hingga menuju Nanggulan. 

Setelah tiba di Nanggulan, tantangan akan mulai terasa ketika Anda harus mendaki perbukitan menuju Goa Kiskendo. Dari Goa Kiskendo silakan berbelok ke kiri dan berjalan hingga sejauh 5 kilometer. Disana, Anda akan menemukan papan atau petunjuk arah untuk menuju Kedung Pedhut. 

Setelah perjalanan mendaki dan menurun ini maka anda akan masuk melintasi hutan sejauh 20 menit lamanya. Di sini Anda akan berjalan melalui jalan setapak dengan keindahan alam di sekitar dan udara yang sejuk. Ketika tiba di lokasi Anda akan disambut dengan keindahan kolam yang keseluruhan ada 5 kolam. 

Persiapan Menuju Lokasi Kedung Pedhut

Saat menuju lokasi air terjun Kedung Pedhut sebaiknya persiapkan diri Anda karena medan yang ditempuh cukup sulit dengan jalanan yang rusak dan masih dalam proses perbaikan sehingga diperlukan kendaraan dengan performa baik. Anda juga akan mendaki dan menuruni perbukitan dengan bebatuan menuju lokasi air terjun sehingga persiapkan semua peralatan serta jaga kondisi dalam keadaan fit. 

Fasilitas Lokasi Kedung Pedhut

Layaknya obyek wisata lainnya, disini Anda akan menemukan fasilitas umum seperti mushola, kamar mandi dan toilet, jembatan bambu hingga warung makan sederhana. Meski masih tergolong sederhana namun telah dikelola dengan cukup baik.

Biaya Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedhut

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun Kedung Pedhut, Anda cukup merogoh kocek 3 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk biaya parkir hanya 2 ribu rupiah untuk roda dua dan 5 ribu rupiah untuk roda empat. Jangan lupa juga untuk mengunjungi lokasi wisata lainnya di sekitaran air terjun kedung pedhut seperti Goa lanang, Goa Seplawan dan Goa Kiskendo. 

You may also like...

1 Response

  1. 8 September 2021

    […] sendiri adalah Air Terjun Kedung Pedut, banyak orang menjulukinya dengan sebutan surga tersembunyi di Bukit Menoreh. Dimana suasana alam […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.