Ragu Menggunakan Bandara Kulon Progo, Ini Dia 3 Kelebihannya

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang sampai saat ini selain memiliki beragam destinasi wisata, aneka makanan, penduduk yang sopan. Ternyata Yogyakarta juga memiliki sebuah bandara baru yaitu Bandara Kulon Progo.

Bandara Kulon Progo ini juga lebih sering disebut dengan Yogyakarta International Airport atau YIA. Menariknya Bandara Kulon Progo Yogyakarta ini juga memiliki berbagai macam kelebihannya lho. Bahkan yang tak dimiliki oleh bandara pada umumnya. Lantas apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Yogyakarta International Airport ? Berikut penjelasannya.

Baca juga wisata baru di Jogja

Tahan bencana gempa dan Tsunami

Yogyakarta International Airport memang menggunakan biaya pembuatan yang cukup tinggi. Namun jika dilihat dari fasilitas dan juga keunggulan yang dimilikinya, hal tersebut bukanlah suatu masalah.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Yogyakarta International Airport adalah tahan akan bencana gempa dan serangan gelombang Tsunami dalam ukuran tertentu. Untuk ketahanan gempa nya sendiri hingga pada angka 8,8 skala richter.

Sedangkan untuk ketahanan akan  serangan gelombang Tsunaminya adalah untuk ketinggian 12 meter. Tentunya hal tersebut merupakan salah satu penanggulangan dan perlindungan yang diberikan oleh bandara tersebut untuk para pengguna khususnya orang yang ada di dalamnya.

Sebab yang Namanya bencana seperti gempa maupun gelombang Tsunami tak ada yang tahu kapan tibanya. Maka dari itu perlu dilakukan perlindungan dan juga pencegahan akan dampak yang begitu tinggi dari kasus bencana alam yang kemungkinan terjadi tersebut.

Area mendarat pesawat ukuran besar

Tak hanya mampu digunakan untuk pendaratan pesawat kecil saja. Namun Yogyakarta International Airport juga mampu digunakan untuk proses pendaratan pesawat besar. Hal tersebut juga menjadi salah satu poin pembeda antara Yogyakarta International Airport dengan bandara internasional lainnya seperti Adisutjipto.

Kabarnya Yogyakarta International Airport mampu digunakan sebagai tempat pendaratan pesawat besar seperti Airbus A380 dan Boeing 777. Sedangkan  untuk Bandara Internasional Adisutjipto hanya mampu digunakan untuk pesawat jenis Narrow Body.

Lalu untuk panjang landasan pacu yang dimiliki oleh Yogyakarta International Airport adalah sekitar 3.250 meter. Sedangkan untuk Bandara Internasional Adisutjipto adalah 2.200 meter. Termasuk angka pembeda yang cukup signifikan.

Memiliki luas yang menakjubkan

Menjadi salah satu bandara internasional baru, tentunya Yogyakarta International Airport memiliki luas yang begitu besar jika dibandingkan dengan bandara lainnya. Yogyakarta International Airport diperkirakan mampu menampung sekitar 20 juta orang di dalamnya.

Angka tersebut juga terbilang belasan kalinya Bandara Internasional Adisutjipto. Lalu untuk ukuran pastinya adalah sekitar 219.000 meter luas yang dimiliki oleh Yogyakarta International Airport. Tentunya hal ini bisa mempermudah para calon penumpang untuk mendapatkan tempat stay pada saat menunggu giliran masuk pesawat.

Nah dari tiga kelebihan di atas, tentunya Yogyakarta International Airport atau Bandara Kulon Progo juga dibekali dengan berbagai macam fasilitas. Bahkan fasilitas yang ditawarkan juga cukup modern dan tak kalah dari bandara lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.